Sabtu, 22 Oktober 2011

html dan website sederhana

HTML (HyperText Markup Language) merupakan sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web yang kemudian dapat diakses dan dibaca layaknya sebuah artikel. Dengan HMTL kita dapat Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya, Mempublikasikan dokument secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia, Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.  Contoh penggunaan tag dalam sebuah web sederhana :


Koding diatas menjelaskan tentang beberapa penerapan tag pada html untuk pembuatan website sederhana. koding dituliskan menggunakan notepad++. Tag html mengawali potongan koding diatas, tag tersebut digunakan untuk memberitahu bahwa dalam tag tersebut merupakan dokumen HTML. Kemudian header untuk menentukan judul dokumen HTML yang akan menjadi judul homepage web yang dibuat. Tag body berisi pendeklarasian isi dan tampilan dokumen HTML. Didalam tag body inilah isi dan tampilan sebuah web diatur dengan menggunakan beberapa tag HTML.Tag yang diawali dengan h.. merupakan header atau judul paragraf. Tag ini terdiri dari h1, h2, h3, h4, h5, h6 dengan ukuran huruf yang berbeda-beda dan secara default sudah bold.
Untuk menentukan posisi teks digunakan atribut “text-align”, untuk menentukan jenis huruf gunakan “font-family”, dan untuk menambah ukuran huruf gunakan “font-size”. Tag p digunakan untuk membuat sebuah paragraf. Tag p memiliki beberapa atribut, diantaranya “font-family”, “color” untuk member warna pada teks, dan “background-color”. Disini tag br
digunakan untuk pindah ke baris baru atau enter.tag marquee digunakan untuk membuat teks berjalan. Sedangkan tag u dan i untuk membuat tulisan tercetak miring dan bergaris bawah.
Potongan koding diatas akan menampilkan teks pada website. Selanjutnya untuk memasukkan gambar dapat digunakan Tag  img. Kemudian Atribut “src” menyatakan sumber/nama gambar (ditulis lengkap bersama format gambar), “width”untuk menentukan lebar gambar, “height” untuk menentukan tinggi gambar, dan “alt” untuk menampilkan teks jika gambar tidak muncul di halaman web.

hasilnya yaitu : THE SMURFS website :D

0 komentar:

Posting Komentar