Sabtu, 12 November 2011

KONSEP PERL & CGI

Perl
Perl merupakan singkatan dari Practical Extraction and Report Language, dibuat oleh Larry Wall. Perl adalah bahasa interpreter sekaligus kompiler, artinya Perl akan mendeteksi setiap baris untuk mencari syntax error sebelum program dijalankan. Perl juga mirip dengan bahasa C sehingga programmer C pun dapat mempelajari Perl dengan cepat dan mudah. Salah satu contoh kemiripan C dengan Perl adalah adanya tanda titik koma atau semiclon ";" pada akhir suatu perintah. Kelebihan yang lain adalah bahwa bahasa Perl dapat menangani string dan ekspresi dengan baik. Perl sendiri merupakan program yang dibuat khusus untuk UNIX. Namun demikian bagi para pengguna windows 95 dan windows NT masih dapat menggunakan Perl for win32 yang disebut sebagai activePerl (sesuai dengan nama alamat web penyedia Perl for Win32 tersebut. Active Perl dibuat setelah Perl Versi 5 for Unix diedarkan.

CGI
CGI (Common Gateway Interface) merupakan suatu bentuk hubungan interaktif di mana client (browser) dapat mengirimkan suatu masukan kepada server, dan server mengolah masukan tersebut serta mengembalikannya kepada client (browser). Contoh sederhana adalah saat Anda menggunakan suatu search engine. Saat Anda menuliskan keyword dan menekan tombol Search maka browser akan mengirimkan keyword tersebut ke server. Keyword tersebut lalu diolah oleh server dan server mengirimkan data hasil pengolahan (yang sesuai dengan keyword yang kita masukkan) ke browser kita. Jadi yang kita lihat pada browser hanya data yang sesuai dengan keyword yang kita masukkan.
Untuk dapat menggunakan CGI syarat pertama adalah server dengan sistem operasi UNIX (beserta variantnya). Namun perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua server UNIX (yg gratisan) mampu menangani dan melayani CGI. Server-server yang melayani penempatan web gratisan seperti Geocities dan Homepage, tidak mengijinkan penempatan script CGI dalam web kita. Untuk itu Anda bisa mencoba Virtual Avenue, Tripod, atau Hypermart (daftar lengkapnya bisa Anda lihat di sini).
Program CGI ditulis dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh sistem misalnya C/C++, Fortran, Perl, Tcl, Visual Basic, dan lain-lain. Pemilihan bahasa yang digunakan tergantung dari sistem yang digunakan. Jika kita menggunakan bahasa pemrograman seperti C atau Fortran maka program-program yang kita buat harus dikompile terlebih dahulu sebelum dijalankan sehingga pada server akan terdapat source code dan program hasil kompilasi. Berbeda bila kita menggunakan bahasa script seperti PERL, TCL, atau Unix Shell maka hanya akan terdapat script itu sendiri (tanpa ada source code). Banyak orang yang lebih suka memilih menggunakan script CGI dibandingkan dengan bahasa pemrograman karena lebih mudah untuk di-debug dan dimodifikasi. Dalam pembahasan kali ini kita akan menggunakan Perl sebagai bahasa script-nya. 
 referensi :
Budi Setyawan, "Pengantar Common Gateway Interface (CGI) dan Perl", 2011.  http://buset.staff.gunadarma.ac.id/.../pengantar-common-gateway-interface-cgi-dan-perl.pdf
Fauzan, "Tutorial – Pengertian CGI”, 2011. http://fauzanku.awardspace.com/perl/page2.html

0 komentar:

Posting Komentar