Senin, 31 Oktober 2011

Membuat Aplikasi Android

Berikut akan dijelaskan mengenai langkah – langkah yang dilakukan dalam proses pembuatan aplikasi berbasis Java Android untuk perangkat selular. 
Untuk membuat project baru yang dilakukan pilih menu file – new – project. Atau klik new pada toolbar Eclipse. Kemudian pilih Android project.


Setelah mengklik Android project maka akan muncul jendela new Android Project. Kemudian selanjutnya isi project name, pilih target android, isi application name, package name, create activity, dan min sdk version.
Project name merupakan nama direktori yang akan menyimpan file project yang akan dibuat. Application name merupakan nama aplikasi android yang akan dibuat. Package name merupakan nama paket, yang dalam penulisannya harus memiliki minimal dua nama yang dipisahkan oleh titik. Activity merupakan nama kelas yang menjalankan proses fungsi dari aplikasi yang dibuat.
Setelah project baru dibuat maka akan ditemukan empat kelas baru yang harus selalu ada. Kelas-kelas ini terdiri dari dua kelas java dan dua kelas xml. Kelas java yaitu MainActivity.java dan R.java, kelas xmlnya yaitu main.xml dan string.xml.
MainActivity.java merupakan kelas yang menjalankan proses atau fungsi dari aplikasi. R.java merupakan kelas yang berfungsi sebagai index yang menghubungkan semua resource pada aplikasi yang dibuat. Kelas R.java akan di generate secara otomatis ketika membuat aplikasi dan tidak boleh dimodifikasi.
Main.xml merupakan kelas yang mengatur GUI dari aplikasi android yang dibuat. Terakhir string.xml berfungsi untuk menyimpan string object agar nilai dari string object tersebut nantinya dapat digunakan oleh komponen-komponen pada android eclipse. 
- Penulisan Source Code 
Penulisan kode program pada pembuatan aplikasi dengan Android dapat dilakukan dengan beragam editor teks, kita bisa menggunakan notepad ataupun editor teks lainnya. Kode program yang telah dibuat disimpan dalam file dengan ekstensi dot java dan disimpan di folder src pada folder project yang telah dibuat secara otomatis ketika kita membuat sebuah project, sedangkan apabila dalam pembuatan aplikasi menggunakan file gambar, maka file gambar disimpan di dalam folder res.

0 komentar:

Posting Komentar