Rabu, 10 November 2010

sumber inspirasi

Desain dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk menciptakan objek baru. Desain juga dapat disebut seni terapan,arsitektur.

Desain adalah sebuah disiplin ilmu yamg memiliki proses dalam setiap tahapan-tahapannya dalam menciptakan objek baru yang kreatif dan mengandung nilai informasi.

Desain memiliki banyak sumber inspirasi. Sumber inspirasi dapat diartikan sebagai sumber atau pengaruh atau asal mula yang menyebabkan sebuah desain ada atau muncul. Macam-macam sumber inspirasi dari desain yaitu :

1. Lingkungan Perkotaan
Lingkungan perkotaan mampu menjadi pengaruh seorang desainer untuk menciptakan sebuah desain. Lingkungan perkotaan menghasilkan sumber inspirasi yang saat ini sedang modern, dan juga mampu menghasilkan ide-ide yang sesuai.

2. Seni
Seni selalu dipengaruhi oleh desain karena setiap seni berasal dari sebuah desain. Prinsip-prinsip yang ditetapkan dan gerakan seni yang dipandu siap untuk diadaptasi dan dibawa ke dalam desain, khususnya yang berhubungan dengan tata letak halaman dan juga komposisi. misalnya aturan pertiga digunakan untuk menentukan fokus titik dalam sepotong kerja,sedangkan aturan peluang adalah digunakan untuk membuat komposisi yang lebih menarik.

3. Film
Film mampu menginspirasi seorang desainer.Kedekatan gambar gerak dan urutan gambar yang dihasilkan dalam sebuah film meginspirasi desainer dalam struktur tata letak dan cara publikasinya.

4. Budaya
Mayoritas desain produksi hadir untuk melayani kebutuhan sehingga budaya menjadi referensi umum atau pengaruh untuk sebuah pekerjaan yang bertujuan untuk menarik penonton atau peminat. Desainer menggunakan unsur-unsur budaya popular seperti warna,tipografi, dan norma social yang diterima dalam pekerjaan mereka.

5. Majalah
Majalah adalah salah satu sumber inspirasi sebuah desain. Ada banyak publikasi tentang desain industri yang tidak hanya berguna untuk melihat karya desainer lain,tetapi untuk mengikuti perkembangan gerakan,trend dan tekhnologi dalam industry pada umumnya. Publikasi industri juga menyediakan informasi yang relevan di sisi administrasi bisnis desain,seperti masalah hukum,konsultasi pajak,dan hak cipta.

6. Musik
Desain dan music tampaknya memiliki hubungan simbiosis, seorang desainer dapat mengikuti prinsip musik untuk memasukkan langkah atau ritme ke proyek.
Seorang desainer dapat meniru ketukan yang dimiliki music melalui penggunaan gambar yang berskala besar atau teks bebas halaman.

7. Objek
Koleksi benda dan barang dapat disebut juga dengan objek. Objek yang ditemukan juga menghasilkan sesuatu yang menarik yang menginspirasi desain. Desainer yang aktif mencari inspirasi diberbagai lokasi,bahkan berbagai kota. Inspirasi juga bisa berasal dari objek disekitar mereka.banyak desainer yang melihat dari lingkungan sekitar mereka hal-hal yang menarik seperti benda,gambar,poster,dll.

8. Bidang desain lain
Desainer grafis mengambil inspirasi dari semua bidang kreatif termasuk bidang-bidang desain lain seperti furniture dan interior.


referensi : ebook the fundamental of graphic design

Pengaruh dan Elemen kreatif desain grafis


Pengaruh dan Elemen kreatif desain grafis

Desain grafis berkembang pada intelektual dan estetika tren yang mempengaruhi karya desainer dan mencerminkan sikap masyarakat pada umumnya.


Contohnya desain itu merespon perubahan tema yang mengatur cara pandang kita terhadap dunia dan pergerakannya,seperti modernisme,postmodernisme,dan deconstrunctivisme.


Modernism dan postmodernisme mengacu pada dua pandangan dunia yang berkembang dan dipadu dengan kreatif aktivitas pada titik-titik berbeda dalam abad kedua puluh.


Kecendrungan ini membantu membentuk perkembangan dan perubahan desain grafis sebagai disiplin kreatif,membuka celah baru dengan kemungkinan kreatif serta menyediakan alat-alat baru dengan tantangan desain.


Desain grafis sama seperti disiplin ilmu lainnya, yang terkait dengan perkembangan tekhnologi pada berbagai tingkatan. Tekhnologi mempengaruhi bagaimana sebuah desain diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangannya dalam gaya, dan seni.

tipografi adalah sarana yang tertulis serta ide yang diberi bentuk visual. tipografi paling berpengaruh dalam unsur-unsur yang membentuk karakter dan emosional atribut desain,bentuk visual yang dibutuhkan secara dramatis mempengaruhi aksesbilitas ide dan bagaimana pembaca bereaksi kearah itu.


semiotika adalah sebuah studi tentang tanda-tanda yang menawarkan penjelasan tentang makna dalam kata-kata,suara, maupun gambar. pemahaman tentang semiotika membantu para desainer grafik untuk bekerja dengan refensi yang cukup dan untuk berkomunikasi kepada para pembaca.


Desain grafis seni atau kerajinan ?
Desain grafis merupakan sebuah proses yang cenderung ke multidisiplin yang mengac kepada sumber-sumber yang kreatif.

Beberapa melihatnya sebagai kerajinan, dan beberapa melihatnya sebagai seni.
Perbedaan mendasar pentingnya desain yaitu :

· Desain sebagai seni :
Sebagai seni,desain grafis menciptakan gambar yang mencolok dan layout untuk mengkomunikasikan ide dan informasi untuk orang-orang atau penikmat seni.
Disiplin adalah dasar pemikiran yang kreatif, dimana disiplin memajukan teori tentang cara berkomunikasi secara efektif melalui media visual.

· Desain sebagai kerajinan
Sebagai kerajinan,desain grafis merupakan bagian integral dari proses cetak produksi yang melibatkan banyak hal seperti gambar dan konten untuk publikasi.
Oleh karena itu sebuah desain grafis menempati peran penting dalam proses penghubung antar klien dan professional lainnya seperti fotografer.

referensi : ebook the fundamentals graphic desaign

Minggu, 07 November 2010

DESAIN GRAFIS


Desain grafis adalah sebuah bentuk komunikasi visual untuk menyampaikan informasi.
Bentuk komunikasi ini dapat disampaikan dengan menggunakan gambar atau pesan sehingga informasi dapat disampaikan dengan lebih efektif.
Desain grafis mencakup banyak aspek seperti tifografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Desain grafis selalu melakukan evolusi (perubahan-perubahan pada jangka waktu yang cukup panjang). Perubahan awal desain grafis berkembang dari percetakan dan industri penerbitan. Hal ini menjadikan awal istilah desain grafis ini dikenal pada sekitar tahun 50an.

Pada saat itu ada pembatasan yang jelas dalam setiap tahapan desain grafis. misalnya pembatasan pada proses cetak (produksi), profesional dan untuk perdagangan
Pada setiap tahapan banyak yang dibutuhkan atau yang terlibat di dalamnya, misalnya printer,scanner,korektor,manajer produksi,dll.
Perekonomian konsumen yang terjadi di barat setelah perang dunia kedua menjadi awal terjadinya persaingan antara produk-produk yang intensif yang menyebabkan permintaan untuk virtual desain menjadi lebih besar dan desain grafis menjadi sangat diperlukan.

Unsur-unsur dalam desain grafis yaitu shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna. unsur-unsur tersebut membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity). kemudian unsur dan prinsip tersebut membentuk aspek struktural dengan komposisi yang lebih luas.

Perkembangan tekhnologi telah menghasilkan desainer-desainer yang kreatif. Desainer disini adalah desainer grafis yaitu seseorang yang bekerja merancang desain grafis ataupun mengatur desain menjadi sesuatu yang nantinya mampu menyampaikan informasi melalui komunikasi gambar ataupun pesan yang kreatif.
Pada jaman sekarang kewajiban yang mesti dilakukan oleh seorang desainer grafis ada banyak seperti pemrograman situs,fotografi,membuat rancangan,pemilihan bahan,ilustrasi buatan tangan, computer generated ilustrasi (CGI), manajemen proyek, manajemen rekening nasabah, storyboarding, pemeriksaan dan produksi wartawan.
Seorang desiner grafis harus memiliki ide,akal,mata,tangan,alat gambar,dan komputer agar mampu membuat sebuah desin grafis yang kreatif.

Setiap konsep ataupun ide yang muncul pada pemikiran seorang desainer sebelum direalisasikan atau dibuat dalam bentuk komunikasi visual ataupun desain grafis tidak dianggap sebagai sebuah desain.

Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa melibatkan banyak ruang atau tempat.

Pada dewasa ini telah banyak muncul software yang dapat digunakan dalam pembuatan desain grafis diantaranya untuk Desktop publishing adobe photoshop,adobe ilustrator,adobe indesign,page maker,corel draw,GIMP,dll.


http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis#Prinsip_dan_unsur_desain
ebook The Fundamentals of Graphic Design

Jumat, 08 Oktober 2010

grafik komputer

Grafik 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D)

Grafik Komputer adalah grafik yang dibuat menggunakan komputer yang umumnya adalah representasi piktorial atau juga ilmu komputer yang bekaitan dengan pembuatan ataupun manipulasi gambar dan data dengan komputer secara digital. Perkembangan grafik komputer telah membuat komputer menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data serta memiliki dampak yang mendalam pada banyak jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi dan industri.

Grafik komputer juga disebut visualisasi data. Bentuk grafik komputer ada 2D (2dimensi) dan 3D (3dimensi).Grafik 2D merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer, yang kemudian berkembang menjadi grafik 3D. Jadi bisa dikatakan kalau grafik 3D adalah bentuk penyempurnaan atau perkembangan grafik 2D.

Grafik 2D dan 3D juga berhubungan dengan Animasi. Animasi adalah hasil dari pengolahan gambar tangan menjadi gambar yang bergerak atau gambar diam yang bila kita proyeksikan akan terlihat seperti hidup (bergerak). Contoh animasi itu biasanya pada film kartun. Dengan bantuan komputer yang semakin canggih pembuatan film animasi semakin mudah dan banyak bermunculan film animasi 2D dan 3D.Secara umum Animasi 2D (2 Dimensi) yaitu Animasi yang sering kita lihat sehari-hari seperti film kartun dan menggunakan kordinat x dan y, sedangkan Animasi 3D (3 Dimensi) yaitu yang merupakan pengembangan dari 2D, dengan karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya dan menggunakan kordinat x, y, dan z. 3D animasi grafis adalah presentasi grafis yang dicapai melalui perangkat lunak komputer dan digital generator.

Konsep untuk membuat animasi 2D yaitu :

• Membuat konsep dan Ide cerita

• Membuat Storyboard

• Menggambar Karakter

• Menggambar Latar belakang dan objek lain

• Pewarnaan

• Proses animasi

• Penggabungan animasi

• Pengsian suara

• Konversi Animasi Flash (SWF) ke VCD

Konsep untuk membuat animasi 3D yaitu

• Viewport

• Membuat Objek

• Memodifikasi Objek

• Memberi Material pada Objek

• Mengatur Pencahayaan

• Menggunakan Kamera

• Membuat Animasi

• Render

• Mengolah Sistem Partikel

• Latihan Aplikasi Animasi 3D

Animasi termasuk bagian dari grafik komputer. Bagian dari grafik komputer yang lain adalah sebagai berikut :

• Geometri

merupakan bagian dari grafik komputer yang mempelajari tentang cara menggambarkan permukaan bidang.

• Rendering

merupakan bagian dari grafik komputer yang mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya.

• Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

merupakan bagian dari grafik komputer yang mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Grafik 2D dan 3D memiliki perbedaan. Beberapa perbedaan grafik 2D dan 3D yaitu :

• Grafik 2D merupakan grafik komputer yang berkordinat 2 yaitu x dan y sedangkan grafik 3D merupakan grafik komputer yang berkordinat 3 yaitu x,y,dan z. Karena grafik 2D berkordinat dua maka objek gambarnya perspektif dengan dua titik contoh : gambar teks dan bangun 2D, sedangkan untuk grafik 3D yang berkordinat tiga menggunakan 3 titik untuk melihat objek gambarnya.

• Dilihat dari kordinatnya, grafik 2D merupakan bentuk benda yang memiliki panjang(x) dan lebar(y) Sedangkan grafik 3D merupakan benda yang memiliki panjang(x),lebar(y),dan tinggi(z).

• Grafik 2D hanya dapat dilihat dari dua arah saja, depan dan belakang sedangkan 3D bisa dilihat dari mana saja.

• Grafik 2D merupakan subkelas grafik dan juga merupakan kelas utama dari platform Java 2 yang sudah built-in. Maksudnya kelas utama adalah kelas yang berperan sebagai rendering yang menyediakan sejumlah operasi untuk me-render objek bangun, gambar, dan teks. Sedangkan grafik 3D dukungan javanya diletakkan dalam API terpisah.

• Grafik 2D warnanya hanya warna dasar sedangkan grafik 3D warnanya lebih banyak dan bervariasi.

• Grafik 2D tampilan gambarnya flat (datar) sedangkan grafik 3D layar tampilannya luas dan dapat menampilkan gambar timbul (tidak flat).

• Grafik 2D Obyeknya digambar dalam bidang xy sedangkan grafik 3D obyeknya digambar dalam bidang xyz.

• Grafik 2D Tidak menggunakan lightning sedangkan grafik 3D dapat menentukan gelap terang dengan sistem lightning

source :
www2.eepis-its.edu/~basuki/lecture/Grafik3D.pdf
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
http://gigihsoak.wordpress.com/2010/10/03/desain-permodelan-grafik/
http://duniamatahari.wordpress.com/page/9/?replytocom=8
http://community.um.ac.id/showthread.php?75948-Grafik-3D-pada-Grafika-Komputer
http://dok-it.blogspot.com/2010/02/pengertian-2d-dan-3d.html