Rabu, 10 November 2010

sumber inspirasi

Desain dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk menciptakan objek baru. Desain juga dapat disebut seni terapan,arsitektur.

Desain adalah sebuah disiplin ilmu yamg memiliki proses dalam setiap tahapan-tahapannya dalam menciptakan objek baru yang kreatif dan mengandung nilai informasi.

Desain memiliki banyak sumber inspirasi. Sumber inspirasi dapat diartikan sebagai sumber atau pengaruh atau asal mula yang menyebabkan sebuah desain ada atau muncul. Macam-macam sumber inspirasi dari desain yaitu :

1. Lingkungan Perkotaan
Lingkungan perkotaan mampu menjadi pengaruh seorang desainer untuk menciptakan sebuah desain. Lingkungan perkotaan menghasilkan sumber inspirasi yang saat ini sedang modern, dan juga mampu menghasilkan ide-ide yang sesuai.

2. Seni
Seni selalu dipengaruhi oleh desain karena setiap seni berasal dari sebuah desain. Prinsip-prinsip yang ditetapkan dan gerakan seni yang dipandu siap untuk diadaptasi dan dibawa ke dalam desain, khususnya yang berhubungan dengan tata letak halaman dan juga komposisi. misalnya aturan pertiga digunakan untuk menentukan fokus titik dalam sepotong kerja,sedangkan aturan peluang adalah digunakan untuk membuat komposisi yang lebih menarik.

3. Film
Film mampu menginspirasi seorang desainer.Kedekatan gambar gerak dan urutan gambar yang dihasilkan dalam sebuah film meginspirasi desainer dalam struktur tata letak dan cara publikasinya.

4. Budaya
Mayoritas desain produksi hadir untuk melayani kebutuhan sehingga budaya menjadi referensi umum atau pengaruh untuk sebuah pekerjaan yang bertujuan untuk menarik penonton atau peminat. Desainer menggunakan unsur-unsur budaya popular seperti warna,tipografi, dan norma social yang diterima dalam pekerjaan mereka.

5. Majalah
Majalah adalah salah satu sumber inspirasi sebuah desain. Ada banyak publikasi tentang desain industri yang tidak hanya berguna untuk melihat karya desainer lain,tetapi untuk mengikuti perkembangan gerakan,trend dan tekhnologi dalam industry pada umumnya. Publikasi industri juga menyediakan informasi yang relevan di sisi administrasi bisnis desain,seperti masalah hukum,konsultasi pajak,dan hak cipta.

6. Musik
Desain dan music tampaknya memiliki hubungan simbiosis, seorang desainer dapat mengikuti prinsip musik untuk memasukkan langkah atau ritme ke proyek.
Seorang desainer dapat meniru ketukan yang dimiliki music melalui penggunaan gambar yang berskala besar atau teks bebas halaman.

7. Objek
Koleksi benda dan barang dapat disebut juga dengan objek. Objek yang ditemukan juga menghasilkan sesuatu yang menarik yang menginspirasi desain. Desainer yang aktif mencari inspirasi diberbagai lokasi,bahkan berbagai kota. Inspirasi juga bisa berasal dari objek disekitar mereka.banyak desainer yang melihat dari lingkungan sekitar mereka hal-hal yang menarik seperti benda,gambar,poster,dll.

8. Bidang desain lain
Desainer grafis mengambil inspirasi dari semua bidang kreatif termasuk bidang-bidang desain lain seperti furniture dan interior.


referensi : ebook the fundamental of graphic design

0 komentar:

Posting Komentar