Rabu, 10 November 2010

Pengaruh dan Elemen kreatif desain grafis


Pengaruh dan Elemen kreatif desain grafis

Desain grafis berkembang pada intelektual dan estetika tren yang mempengaruhi karya desainer dan mencerminkan sikap masyarakat pada umumnya.


Contohnya desain itu merespon perubahan tema yang mengatur cara pandang kita terhadap dunia dan pergerakannya,seperti modernisme,postmodernisme,dan deconstrunctivisme.


Modernism dan postmodernisme mengacu pada dua pandangan dunia yang berkembang dan dipadu dengan kreatif aktivitas pada titik-titik berbeda dalam abad kedua puluh.


Kecendrungan ini membantu membentuk perkembangan dan perubahan desain grafis sebagai disiplin kreatif,membuka celah baru dengan kemungkinan kreatif serta menyediakan alat-alat baru dengan tantangan desain.


Desain grafis sama seperti disiplin ilmu lainnya, yang terkait dengan perkembangan tekhnologi pada berbagai tingkatan. Tekhnologi mempengaruhi bagaimana sebuah desain diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangannya dalam gaya, dan seni.

tipografi adalah sarana yang tertulis serta ide yang diberi bentuk visual. tipografi paling berpengaruh dalam unsur-unsur yang membentuk karakter dan emosional atribut desain,bentuk visual yang dibutuhkan secara dramatis mempengaruhi aksesbilitas ide dan bagaimana pembaca bereaksi kearah itu.


semiotika adalah sebuah studi tentang tanda-tanda yang menawarkan penjelasan tentang makna dalam kata-kata,suara, maupun gambar. pemahaman tentang semiotika membantu para desainer grafik untuk bekerja dengan refensi yang cukup dan untuk berkomunikasi kepada para pembaca.


Desain grafis seni atau kerajinan ?
Desain grafis merupakan sebuah proses yang cenderung ke multidisiplin yang mengac kepada sumber-sumber yang kreatif.

Beberapa melihatnya sebagai kerajinan, dan beberapa melihatnya sebagai seni.
Perbedaan mendasar pentingnya desain yaitu :

· Desain sebagai seni :
Sebagai seni,desain grafis menciptakan gambar yang mencolok dan layout untuk mengkomunikasikan ide dan informasi untuk orang-orang atau penikmat seni.
Disiplin adalah dasar pemikiran yang kreatif, dimana disiplin memajukan teori tentang cara berkomunikasi secara efektif melalui media visual.

· Desain sebagai kerajinan
Sebagai kerajinan,desain grafis merupakan bagian integral dari proses cetak produksi yang melibatkan banyak hal seperti gambar dan konten untuk publikasi.
Oleh karena itu sebuah desain grafis menempati peran penting dalam proses penghubung antar klien dan professional lainnya seperti fotografer.

referensi : ebook the fundamentals graphic desaign

0 komentar:

Posting Komentar