Kamis, 06 Januari 2011

positif negatif sebuah game

Saya rasa hampir semua orang pernah bermain game. Atau mungkin setiap orang berfikiran sama tentang game yaitu game merupakan penghilang stress. Game menurut saya merupakan sesuatu yang diciptakan sebagai sarana hiburan. Dimana game tersebut memberikan Sesutu yang membangkitkan semangat kita untuk menyelesaikan ataupun memenangkannya dengan cara yang menurut kita asik dan berbeda dengan rutinitas kita sehari-hari yang membosankan.
Setiap hal pasti berdampak pada kehidupan kita, entah itu dampak positif yang membangun ataupun dampak positif yang merusak. Begitu juga dengan game, game pasti memiliki dampak positif ataupun dampak negative.
Saya sebagai orang yang hampir tiap hari bermain game merasakan dampak-dampak tersebut.
Dampak positif game bagi saya yaitu :
  •         Sebagai sarana hiburan. Game membantu saya mengurangi rasa stress dan lelah akibat aktifitas sehari-hari saya.
  •       Melatih konsentrasi (misal dalam game game action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari).
  •       Membuat saya merasa nyaman dengan tekhnologi
  •       Meningkatkan rasa percaya diri ketika dapat menguasai permainan
  •       Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah.
  •       Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.

Dampak negative game bagi saya yaitu :

  •       Kadang-kadang game membuat saya lupa waktu. Mengurangi jam belajar bahkan sampai lupa belajar, makan dll.
  •       Pemborosan. Dengan game online saya terpacu untuk terus membeli pulsa internet agar bisa memainkannya.
  •       Pikiran saya terus menerus memikirkan game yang sedang saya mainkan. Kadang-kadang menyebabkan kurang konsentrasi dengan hal lainnya.
  •       Karena terbiasa hanya berinteraksi dengan komputer membuat saya menjadi malas berada di lungkungan luar. Ataupun sekedar  jalan-jalan bersama teman.
Jadi kita sebagai orang yang senang atau hampir dibilang tiada hari tanpa game harus pintar-pintar memanage diri. Kita harus bisa melihat dampak positif ataupun negative dari game sehingga kita bisa menilai mana yang penting dan tidak untuk kita. yang terpenting kita harus mengatur waktu jangan sampai game membuat kita melupakan rutinitas dan kewajiban kita sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar