Sabtu, 01 Oktober 2011

XML

           XML (eXtensible Markup Language) dikembangkan mulai tahun 1996 dan mendapatkan pengakuan dari W3C pada bulan Februari 1998. Teknologi yang digunakan pada XML sebenarnya bukan teknologi baru, tapi merupakan turunan dari SGML yang telah dikembangkan pada awal 80-an dan telah banyak digunakan pada dokumentasi teknis bebagai proyek berskala besar.   
            Struktur layout XML Android sangat sederhana berupa tree dari elemen-elemen XML dimana setiap node-nya adalah subkelas dari kelas view. Kita bisa menggunakan kelas apapun yang meng-extend view sebagai elemen pada layout XML termasuk kelas yang kita buat sendiri jika kita definisikan meng-extend view. Struktur sederhana seperti ini menjadikan pembuatan antarmuka cepat dan gampang. Contoh atribut xml yaitu :
·         xmlns:android
Deklarasi namespace XML untuk memberitahu tools Android bahwa kita akan merujuk ke atribut-atribut yang didefinisikan dalam namespace Android. Tag paling luar dari setiap layout Android harus memiliki atribut ini.
·         android:id
Atribut ini memberikan identifier unik ke elemen textview. Kita dapat menggunakan id tersebut untuk memanggil layout view ini dari kode atau dari resource XML lain.
·         android:layout_width
Atribut ini mendefinisikan seberapa banyak lebar layar yang akan digunakan untuk view ini. Kita mengisikannya dengan “fill_parent” yang artinya kita akan menggunakan seluruh lebar layar.
·         android:layout_height
Sama seperti android:layout_width tapi untuk variabel tinggi.
·         android:text
Mendefinisikan teks yang akan ditampilkan oleh textview.
            Seluruh layout XML anda taruh dalam direktori res/layout. “res” adalah singkatan dari “resource”. Di sinilah anda menaruh seluruh aset-aset yang tidak berupa kode, bisa berupa gambar, musik, string dsb.

Keunggulan XML
            XML untuk saat ini bukan merupakan pengganti HTML. Masing-masing dikembangkan untuk tujuan yang berbeda. Kalau HTML digunakan untuk menampilkan informasi dan berfokus pada bagaimana informasi terlihat, XML mendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. XML terutama dibutuhkan untuk menyusun dan menyajikan informasi dengan format yang tidak mengandung format standard layaknya heading, paragraf, tabel dan lain sebagainya.

TCP/IP

Pengertian :
TCP/IP (Internet Protocol/Transmission Control Protocol) : merupakan salah satu jenis protocol (aturan) yang digunakan sebagai standar dalam proses pertukaran data antara satu device ke device lain dalam suatu jaringan internet.
Arsitektur :
TCP/IP memiliki arsitektur berlapis empat yaitu :
Application adalah lapisan dimana suatu perangkat lunak berperan, misalnya saja sebuah penjelajah web (web browser). Anda sedang membaca tulisan ini? Berarti aplikasi TCP/IP anda sedang bekerja.

Transport adalah lapisan untuk mendefinisikan bagaimana data yang diproses oleh lapisan aplikasi dikirimkan melalui jaringan. Dalam lapisan ini terdapat dua jenis protokol, yaitu TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protokol). Jenis protokol apa yang digunakan, dan bagaimana suatu data dikirimkan dengan protokol tersebut sangat bergantung pada lapisan aplikasi.

Internetwork. Pada lapisan ini segmen (data yang sudah dibubuhi header Transport) diberi header IP. Disinilah didefinisikan dari siapa dan untuk siapa sebuah segmen akan dikirim, dengan membubuhkan alamat IP atau IP Address.
Ada dua versi IP yang sekarang digunakan, yaitu IPv4 dan IPv6. IPv6 belum digunakan secara meluas karena masih terbatasnya perangkat yang mendukung, namun beberapa institusi sudah mulai mempraktikkan IPv6 berdampingan dengan IPv4. Terus terang saya belum pernah mempelajari apalagi meng-implementasikan IPv6, jadi yang akan saya bahas dan sebut dengan IP address dalam tulisan-tulisan saya sementara ini selalu IPv4 ;).
IPv4 terdiri atas kode sepanjang 32 bit, atau dinyatakan dalam desimal dengan memberi titik di setiap 8 bit-nya. Contoh alamat IP: 00000010 00000010 00000001 00000001 atau dalam desimal 10.10.0.1. Pembubuhan header pada segmen ini mengubah segmen menjadi packet.Routing dapat terjadi berdasarkan informasi IP, karena itu routing juga bekerja pada lapisan ini.

Network Interface. Pada lapisan ini paket akan dibubuhi alamat perangkat keras dari perangkat antarmuka jaringan, yang kita kenal sebagai MAC Address, dan kemudian dikirimkan melalui perangkat-perangkat keras jaringan (hub,switch, kabel, dll). “Lho, kan sudah ada IP, mengapa perlu MAC adress”?
IP mendefinisikan pengalamatan secara logikal dan digunakan untuk penunjuk arah dari awal hingga tujuan, sedangkan MAC Address mendefinisikan secara fisik, dan hanya belaku untuk setiap segmen jaringan. Kurang jelas? Begini, suatu paket dapat dikirimkan melalui banyak sekali perangkat dan router, MAC Address berperan untuk mengirimkan paket antara satu router dan router lainnya. Misal suatu PC bertanya “saya ada paket nih, saya mau kirim ke si B (IP address), lewat mana ya? router menjawab “sini, lewat sini!” disinilah saat dimana paket akan dibubuhi MAC Address si router, demikian juga si router akan bekerja pada segmen berikutnya.

layanan yang diberikan oleh TCP/IP antara lain:
  • Pengiriman file (file transfer), memungkinkan user yang satu dapat mengirim atw menerima file ke kompoter jaringan.
  • Remote login, memungkinkan user melakukan log in ke dalam suatu komp. jaringan.
  • Computer mail
  • Network File System,pelayanan akses file2 jarak jauh yang memungkinkan klien2 untuk mengakses file pada komp. jaringan jarak jauh walaupun file tersebut disimpan secara local.
  • remote execution, memungkinkna user menjalankan suatu program di dalam komp yang berbeda
  • Name servers,nama database yang digunakan pada internet.
TCP/IP telah berkembang sedemikian rupa hingga sampai pada level yang seperti sekarang. Protokol TCP/IP telah di test, dimodifikasi dan di tingkatkan dari waktu-kewaktu. Protokol TCP/IP yang asli memiliki beberapa tujuan dalam mewujudkan sebuah jaringan komputer yang luas dan mudah dikembangkan, tujuan-tujuan itu diantaranya:
• Independensi hardware: sebuah protokol yang dapat digunakan pada Machintosh, PC, Mainframe atau komputer jenis apapun.
• Independensi software: sebuah protokol harus dapat digunakan oleh produsen dan aplikasi software yang berbeda. Hal ini akan memungkinkan sebuah host pada suatu situs untuk berkomunikasi dengan host lain di situs yang lainnya tanpa memerlukan konfigurasi software yang sama
• Rekoveri kesalahan dan penanganan error: sebuah protokol harus mampu memperbaiki kesalahan secara otomatis atas drop atau hilangnya data. Protokol ini harus mampu mencegah/mengembalikan kehilangan/rusaknya data dari host manapun di bagian manapun dari jaringan serta pada point manapun dari pengiriman suatu data.
• Protokol yang efisien dengan atribut yang minimal (tidak terlalu banyak tambahan atribut
• Kemampuan untuk menambah koneksi tanpa menggangu servis dalam jaringan.
• Routable data: sebuah protokol harus mampu mencari jalan untuk menyampaikan data sehingga data tersebut dapat sampai ketujuan.


Jumat, 06 Mei 2011

09.03 - No comments

Storyline dan Gameplay Tomb Raider


Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai karakter dari game yang disenangi. berikut ini akan dijelaskan mengenai storyline dan gameplay tomb raider.
story
Cerita ini diawali di Los Alamos County, New Mexico. Sebuah ledakan besar menyebabkan terjadinya gempa bumi dan peralatan kuno terkubur di Padang Pasir. Kemudian berlanjut dalam tomb raider, Lara Croft memburu Scion yang pertama kali ditemukan dalam makam Qualopec di Peru.Di sebuah hotel di Calcutta, Lara Croft dihubungi oleh seorang Amerika yaitu Larson. Larson bekerja untuk pengusaha kaya Natla Jacqueline pemilik Natla Technologies. Atas permintaan Natla, Lara menetapkan sebuah ekspedisi untuk mengembalikan Scion yang hilang dari makam Qualopec, di pegunungan Peru.Setelah Lara menemukan Scion, Lara diserang oleh Larson yang mengklaim Scion itu adalah penemuannya. Kemudian seorang Pria bernama Pierre Dupont disewa Natla untuk mengumpulkan sisanya.Setelah itu Lara mencari tahu kemana Natla mengirimkan Pierre. Lara akhirnya menemukan jurnal seorang biarawan abad pertengahan yang mengungkap kedalaman sebuah biara kuno St Francis di Yunani. Kemudian Lara mulai melakukan perjalanan ke biara, Lara turun melewati kompleks bawah tanah yang luas, mengejar dan menyerang Pierre.

Di dalam makan Tihocan, Lara menemukan potongan Scion dan akhirnya membunuh Pierre. Sebuah Prasasti menyatakan bahwa Tihocan merupakan salah satu dari penguasa Atlantis. Ketika Lara menyatukan dua potong Scion, Lara menerima visi dari tiga penguasa Atlatis yang merupakan potongan dari masing-masing Scion. Potongan scion selanjutnya berada di Mesir. Hal itulah yang menjadi tugas Lara selanjutnya. Lara melakukan perjalanan ke kota Khamoon. Mesir. Disinilah pertempuran sengit dimulai, dan sekali lagi Lara dihadapkan pada Larson. Dia kemudian mengambil potongan terakhir Scion dari tempat kudus bawah tanah.

Setelah melakukan perjalanan panjang, akhirnya Lara mencapai jantung ruang piramida, dimana Scion telah lengkap dan menyatu sebagai sumber kekuatan.

Ketika menyetuhnya Lara menerima pengetahuan baru bahwa Natla merupakan penguasa ketiga yang kemudian Natla berkhianat dan meyalahgunakan kuasa dari Scion untu eksperimen genetika, dan sebagai hukumannya ia terkunci dalam sel statis oleh Qualopec dan Tihocan.

Gameplay
Dalam permainan Tomb Raider pemain mengontrol perempuan arkeolog bernama Lara, untuk mencari artefak Scion Misterius di seluruh dunia.
Permainan ini disajikan dalam sudut pandang orang ketiga dimana Lara selalu terlihat dalam setiap tindakannnya. Objek Tomb Raider membimbing Lara melalui serangkaian perjalanannya mencari artefak Scion. Dia harus membunuh semua yang berbahaya, sambil mengumpulkan Scion dan memcahkan teka-teki agar mendapatkan akses ke hadiah utama. Tembak menembak pada game ini dibatasi dengan pembunuhan hewan yang muncul setiap tahap, meskipun kadang-kadang Lara menghadapi lawan mausia. Penekanan pada game ini terletak pada pemecahan teka-teki dan trik melompat untuk menyelesaikan setiap tingkat. Dengan demikian Tomb Raider merupakan bentuk permainan klasik.

Fitur
Gerakan dalam permainan bervariasi dan memungkinkan interaksi yang kompleks terjadi dengan lingkungan. Selain berlari, berjalan, melompat, Lara dapat melakukan langkah-langkah samping seperti menggantung di tepian, berguling, menyelam, dan berenang.
Lara memiliki dua sikap dasar yaitu satu dengan ditarik dan satu dengan tangan bebas. Jadi secara default Lara membawa dua pistol dengan amunisi tak terbatas. Senjata tambahan termasuk senapan, magnum ganda, dan uzi ganda. Pada suatu titik tertentu Lara akan berada pada posisi tanpa senjata.
Banyak musuh dan jebakan mematikan yang berhadapan dengan Lara di Tomb Raider.
Sebuah tombol digunakan untuk melakukan berbagai gerakan di Tomb Raider, seperti mengambil item, menarik switch, senjata menembak, mendorong atau menarik blok, dan menyambar ke tepian.
Setiap tahap permainan memiliki satu atau lebih rahasia. Lokasi rahasia ini memiliki beragam variasi tingkat kesulitan. Ada yang tersembunyi di pinggir jalan di semak-semak, dan lainnya.
Dalam PlayStation dan sega Saturn versi Tomb Raider, tabungan permainan dibatasi untuk tetap menyimpan poin dalam setiap tingkat, dan ditandai dengan Kristal biru mengambang.


referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Tomb_Raider_%281996_video_game%29

Lara Croft (Character)

woooaah tugas softskill kali ini lumayan berat -,- saya salah satu dari sekian banyak manusia yang hobby main games. tapi masalahnya saya main apa aja ngga harus game terkenal haha.kalo disuruh nyari karakter game terkenal agak bingung :-) *pegangan nih harusnya* hahaa
skip ----- skip

Apa sih sebenernya karakter game itu ?
karakter dalam sebuah game itu menurut saya adalah tokoh yang diciptakan untuk dimainkan oleh pemain yang mana karakter itu diciptakan sedemikian rupa sehingga mampu berinteraksi dalam sebuah permainan.
karakter jugalah yang nantinya akan menarik minat pemain untuk memainkan sebuah game. kadang-kadang karakter sebuah game justru menjadi idola bagi pemainnya karena setiap karakter diciptakan dengan keahlian yang berbeda.

agak bingung mau ngebahas karakter apa, cuma browsing-browsing tadi nemu si cantik Lara Croft. kayaknya dulu pernah mainin karakter cantik ini waktu jaman smp hahaa, kalo sekarang si udah bener-bener ngga tau gimana kelanjutan si lara ini :)

baiklah, kesimpulannya kali ini saya akan menjelaskan tentang karakter Lara Croft :)
siapa sih Lara Croft ?


Lara lahir dari keluarga kaya, keluarga bangsawan. ia adalah putri dari Lord Henshingly Croft.
Lara merupakan seorang antiquarian yang selalu terlibat berbagai petualangan seru. Apalagi kalau bukan berburu harta karun. Walau demikian, hal itu tidak menjadikan Lara menjadi karakter yang liar. Ia tetap memiliki karakter yang kuat sebagai seorang bangsawan.
Perkenalan Lara terhadap alam bebas dan berbagai petualangan dimulai sejak masa sekolahnya di Gordonstoun. Di sanalah ia menemukan cintanya pada alam bebas, pada pegunungan di Skotlandia. Kemudian berlanjut saat ia melanjutkan kuliah di Swiss, terutama saat ia mulai kenal dengan berbagai extreme sports. Dan, persahabatannya dengan alam jua yang membuat ia bertahan ketika pesawat yang ditumpanginya jatuh di Himalaya.
 Di rumah besarnya di Surrey, Inggris, Lara merasa terkungkung dalam lingkungan aristokrasi. Hanya petualangan yang membuat Lara merasa ‘hidup’. Saat itu juga dia sadar bahwa rumahnya cukup luas untuk menampung berbagai artefak. Itulah yang membuat Lara memulai petualangannya sebagai seorang Tomb Raider.

Jadi Lara Croft merupakan sebuah karakter yang namanya telah dibesarkan oleh video game yang laris dan terkenal yaitu Tomb Raider.
Lara Croft sendiri merupakan karakter rekaan dari Toby Gard. Karakter Lara ini menjadi ratu dunia game sejak tahun 1996.

sekarang pun video games ini telah dibuat filmnya yang karakter Lara Croft nya diperankan oleh Angelina Jolie. cocok ngga ? cocoklah yaaa :')

referensi :
http://tinulad.wordpress.com/arkeologi-dalam-fiksi/