Sabtu, 13 Februari 2010

web biasa dan web science

Secara umum web atau website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasa terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada didalam world wide web (www) di internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format html (hyper text markup language) yang hampir selalu bisa diakses melalui http, yaitu protocol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Website ditemukan oleh Sir Timothy John “tim” Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991. Macam-macam situs web yaitu web static dan web dynamic. Web static adalah salah satu bentuk web yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk diupdate secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Sedangkan web dynamic adalah website yang secara berkala, informasi didalamnya berubah, atau website ini bisa berhubungan dengan user untuk berbagai macam cara atau metode (HTTP cookies atau variable database bisa juga dengan interaksi langsung menggunakan form dan penggerakan mouse.

Berdasarkan informasinya web juga bisa dibedakan menjadi dua yaitu web science dan web biasa.
Apa perbedaan web science dan web biasa ?
Menurut saya web biasa adalah kumpulan dari halaman situs yang berisi informasi yang bersifat umum, misalnya informasi mengenai hal-hal politik, budaya, lifestyle, olahraga ataupun hiburan. Sedangkan,
Web science adalah sebuah cabang ilmu baru, yang tidak lain disupport oleh “Tim” Barners-Lee sendiri yang berisi informasi-informasi tentang science atau ilmu pengetahuan. Jadi menurut saya web science adalah kumpulan halaman situs yang lebih ditekankan untuk kebutuhan pembelajaran.

Menurut saya web science dan web biasa secara umum sama, web biasa juga bisa memuat informasi tentang pengetahuan tetapi web science mungkin hanya bisa memuat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan karena web ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna internet dalam mencari referensi materi belajar dalam satu tempat tanpa tercampur aduk dengan informasi lain.

0 komentar:

Posting Komentar